Saturday, December 17, 2011

Teater IMAX Keong Mas

Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah atau nama resminya Teater IMAX Keong Emas terletak pada areal Taman Mini Indonesia Indah. Lokasinya di daerah Jakarta Timur. Didirikan pada 20 April 1984 atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, first lady pada masa itu. Ide pendiriannya sangat mulia yaitu sebagai sarana pendidikan dan promosi kekayaan alam dan budaya Indonesia.
Teater IMAX Keong Emas berbentuk keong raksasa, merupakan tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus dengan teknologi canggih, didirikan atas prakarsa lbu Tien Soeharto, dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984.
Keong emas atau keong mas adalah hewan sawah yang menginspirasi bentuk Teater Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah. Hewan ini hidup di sawah dan meletakkan telurnya di batang-batang padi. Mereka juga mengambil makanan dengan cara menghisap batang padi. Padi pun bisa mati karenanya.
Teater IMAX Keong Mas
Gedung teater yang sangat khas ini dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tanyangan film layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX.
Teater IMAX Keong Emas menempati area tanah seluas 4,4 ha dan dapat menampung sekitar 1.000 pengunjung. Karena kemegahan gedung dan perangkat teknologinya, teater ini sering mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga. Salah satu penghargaan yang diterima datang dari lembaga Guiness Book of Record yang menganugerahi teater ini karena dianggap telah memecahkan rekor layar terbesar untuk teater IMAX di seluruh dunia.
Flashback
Teater IMAX Keong Emas didirikan atas prakarsa Almarhumah Hj. lbu Tien Soeharto, dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984 yang dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tanyangan film (audio-visual) layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX dengan memutar film Indonesia Indah. Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film di Teater IMAX Keong Emas tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun. juga diselingi dengan memutar film-film import yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup.
Teater IMAX Keong Mas: Pembangunan Teater Keong Mas
Dalam kata sambutannya pada saat upacara peresmian pembukaan Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 20 April 1975, Ibu Tien Soeharto selaku Ketua Yayasan Harapan Kita mengatakan, "pembangunan Taman Mini Indonesia Indah dalam wujudnya sekarang ini memang belum selesai. nanti Insya Allah, masih perlu dikembangkan dan diperluas isinya sehingga pengunjung Taman Mini Indonesia Indah akan mendapatkan gambaran yang semakin utuh mengenai Indonesia: sejarahnya, perjuangannya, cita-citanya, hasil karyanya, dan mungkin juga impian-impiannya mengenai masa depan. Dengan begitu kita akan mengenal diri kita sendiri".
Mengapa digunakan sistem film dengan teknologi modern? Dengan menggunakan sistem IMAX, yaitu sistem perfilman yang menerapkan teknologi tinggi, berusaha membua sesuatu yang disajikan selama setengah jam akan mampu menarik minat pennton dan memberikan impresi yang tak terlupakan. Selain itu diharapkan film ini akan merangsang keinginan untuk berulang kali menonton film.
Untuk membuat film IMAX dipercayakan pada Mac Gillivray Freeman Films, Los Angeles. Produser film IMAX yang berjudul To Fly ini sejak tahun 1976 telah berhasil mempesonakan dan menarik perhatian ribuan (jutaan) penonton di Amerika Serikat. Bahkan hingga kini film itu masih tetap dipertunjukkan di teater IMAX.
Teater IMAX Keong Mas: Teater Keong Mas di Masa Lalu
Pertama kali IMAX diperkenalkan, sambutan yang diterima begitu menggembirakan. IMAX dianggap sebagai perwujudan bentuk teater di masa mendatang. Betapa tidak, teknologi yang sedemikian maju telah berhasil menciptakan teater dengan tata film berkecepatan tinggi, tata gambar yang sangat jelas dan tata suara amat peka. Selain itu, besar ukuran layarnya tak tertandingi. Hingga kini IMAX telah mengunggulkan diri sebagai teater paling sempurna di dunia. hampir sebanyak 40 film pilihan telah berhasil dibuat sejak pertama IMAX dikenal orang. Jumlah penontonnya berlimpah bahkan beberapa kali IMAX berhasil memecahkan rekor dalam besarnya jumlah penonton.
Kunci keberhasilan IMAX adalah: semakin besar bingkai film yang dipergunakan, semakin sempurna kualitas gambar yang dihasilkan. Sepanjang sejarah perilman dunia, IMAX telah menjadi pelopor dengan menggunakan flm berbingkai besar. Ukuran film yang dipergunakan IMAX sepuluh kali lebih besar dari ukuran biasa, 35 mm atau tiga kali dari ukuran 70 mm. dengan ukuran film yang sepuluh kali lebih besar dari film 35 mm maka layar dari teater IMAX pun sepuluh kali lebiih besar dari ukuran layar biasa.
Pada tahun 2004, teater ini mampu meng-upgrade sistem dan sekaligus memutar film IMAX DMR (Digital Re-Mastering), yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan transfer film laga format 35 mm ke dalam IMAX EXPERIENCE 70 mm.
Selain itu, Teater Keong Emas juga telah menggunakan teknologi suara yang cukup canggih, yakni Sound System Sonic. Teknologi suara jenis ini dapat dioperasikan dengan dua sistem, yakni sistem magnetik dan digital. Teknologi suara digital sendiri memiliki sound berkekuatan 1.200 watt dengan 6 channel speaker, sehingga dapat menghasilkan perpaduan gambar yang spektakuler dan suara yang jernih. Tak hanya itu, teater ini juga mempunyai layar film raksasa berukuran sekitar 21,5 x 29.3  m² . Kecanggihan sound system yang didukung layar raksasa tersebut tentu mampu membawa penonton masuk dan terlibat dalam setiap adegan film yang sedang diputar.
Teater IMAX Keong Mas: Ruang Teater Keong Mas
Selain menawarkan kecanggihan teknologi film, teater ini juga mempunyai gedung dengan daya tampung yang cukup luas, yaitu 920 tempat duduk untuk kelas ekonomi dan 36 tempat duduk untuk kelas VIP/Balkon. Di ruangan inilah para pengunjung akan dimanjakan dengan tontonan film-film yang menyenangkan.
Present
Beberapa film tersedia untuk diputar, antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II  (Anak-anak Indonesia), Indonesia Indah III (Indonesia Untaian Manikam di Khatulistiwa), dan Indonesia Indah IV (Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menunjukkan keindahan lingkungan, kekayaan alam, dan keragaman budaya Indonesia.
Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi pemutaran film-film impor yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tema-tema lingkungan hidup. Sejak tahun 1984 Teater IMAX Keong Emas telah memutar 20 judul film impor dengan masa sewa antara 1 dan 2 tahun. Film-film itu antara lain To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mistic India. (Taman Mini Indonesia Indah)
Selain itu, teater IMAX juga menyajikan film-film lain bertema pendidikan, hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi maupun tema lingkungan hidup dan konservasi. Beberapa diantaranya adalah Journey to Mecca dan Africa the Serengeti. (AnneAhira.com)
Teater IMAX Keong Mas: "Indonesia Indah IV"
Sebagai sarana hiburan dan pendidikan, Teater IMAX Keong Emas menyediakan tontonan-tontonan film dalam negeri yang jumlahnya beragam. Film-film ini secara umum bertema keindahan dan kekayaan alam, serta keanekaragaman budaya bangsa. Seiring berjalannya waktu, selain film-film dalam negeri, Teater Keong Emas juga telah memutar film-film impor dengan tema yang cukup bervariasi. Sejak tahun 1984 hingga 2007, teater ini tercatat telah memutar 23 judul film, dengan masa sewa antara satu tahun hingga dua tahun. Judul-judul film yang telah diputar, antara lain Speed, Blue Planet, To the Limit, Beavers, First Emperor of China, Secret life of Earth, Mexico, The living of Sea, Island Adventure, T-Rex: Back to the Cretaceous (Dinosaur), Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, Spiderman 2, Mystic India, Dinosaur Giants of Patagonia, Grant Canyon, dan Superman Return. (Wisata Melayu)
Gedung teater ini juga dilengkapi prasarana penunjang, seperti pendingin ruangan (AC), ruang kantor, toilet umum, ruang makan, dan taman. Dengan fasilitas-fasilitas ini tentu akan menambah kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Selain itu, para pelancong yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir, karena di Teater IMAX telah tersedia lahan parkir dengan kapasitas yang cukup memadai yang dapat menampung 235 kendaraan minibus/sedan dan 24 kendaraan Bus.
Wisatawan yang ingin menyaksikan film-film yang diputar di teater ini dikenai tarif masuk berbeda-beda, disesuaikan dengan kategori tempat duduk dan filmnya. Untuk film-film Indonesia, pengunjung yang menempati tempat duduk biasa dikenai tarif sebesar Rp 20.000 dan pengunjung yang menempati tempat duduk VIP dikenai tarif masuk sebesar Rp 40.000. Sedangkan untuk film-film impor, pengunjung yang menempati tempat duduk biasa dikenai tarif sebesar Rp 25.000 dan pengunjung yang menempati tempat duduk VIP dikenai tarif sebesar Rp 50.000. Bagi pengunjung yang datang secara rombongan (minimal 30 orang) akan disediakan potongan khusus antara 10% hingga 20% (Juli 2008).
Teater ini buka pada hari Senin hingga Minggu pada pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Khusus untuk hari jumat, teater ini buka pada pukul 11.00-15.00 WIB.

No comments:

Post a Comment