Pages

Friday, January 13, 2012

Kidzania Jakarta

Saat ini lokasi wisata di Jakarta telah banyak dibuat guna memenuhi permintaan masyarakat akan tempat bermain dan berlibur dengan nyaman dan menyenangkan. Bila ditelusuri cukup banyak lokasi-lokasi khusunya di Jakarta sendiri untuk tempat berlibur dan bermain bagi anak-anak. Seperti Dunia Fantasi, TMII, Kebun Binatang Ragunan, dan yang terbaru dengan konsep modern adalah Kidzania.
Kidzania adalah tempat yang aman, interaktif, dan memiliki unsur pendidikan yang tinggi dimana anak-anak usia 2-16 tahun mengenakan seragam dan melakukan peran yang mereka mainkan. Dipandu oleh Zupervizor, anak-anak dapat menyelami langsung dunia, profesi atau pekerjaan orang dewasa yang selama ini mereka impikan, serta belajar menghargai nilai uang, seperti di dunia yang sesungguhnya.
(No) flashback
Kidzania sendiri merupakan tempat rekreasi berkonsep modern yang berdiri pada 1 September 1999 di Santa Fe, Mexico City dan diberbagai negara-negara lain di dunia. Di Indonesia sendiri, khusunya Jakarta berdiri dan diresmikan pada 24 November 2007. Setelah peresmiannya, Kota Kidzania dikunjungi oleh anak-anak bersama orang trua mereka dari berbagai pelosok negeri. Memang kota anak-anak ini sangat menarik untuk dikunjungi dan bermain sesuai dengan minat yang diinginkan oleh anak itu sendiri.
Kidzania Jakarta
Kidzania merupakan pusat rekreasi dengan konsep edutainment yang menarik bagi anak-anak usia 2-16 tahun, termasuk orang tuanya. Di lingkungan Kidzania, anak-anak mempunyai hak-hak dalam mewujudkan keinginannya. Seperti melakukan sesuatu, bisa mengekspresikan diri sendiri, dan mendapat kebebasan dalam memutuskan keinginan mereka. Berbagai kegiatan semua sudah dipersiapkan dengan fasilitas yang tersedia dan anak-anak tinggal memilih mana yang mereka sukai dan jalani.
Kidzania merupakan tempat bermain bagi anak-anak yang berada di dalam sebuah gedung. Dimana segala permainan bagi anak-anak tersedia. Akan tetapi, permainan tersebut layaknya sebuah negara yang lengkap dengan segala fasilitasnya. Bedanya dengan negara asli, Kidzania di mainkan oleh anak-anak. Tujuan dari adanya tempat bermain ini adalah untuk mendidik anak-anak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Segala fasilitas seperti airport tersedia dari pembelian tiket sampai pesawatnya tersedia, tetapi walau hanya miniature saja. Ternyata banyak anak-anak zaman sekarang sangat menyukai hal itu.
Konsep wisata yang dibuat oleh Kidzania adalah sebuah kota yang di isi sepenuhnya oleh anak-anak. Anak-anak yang berkunjung di kota tersebut bisa bermain sesuai yang ia sukai. Selain itu, anak-anak juga dapat bekerja dan dapat di gaji dari hasil pekerjaannya itu. Para orang tua tidak perlu khawatir bila anak-anaknya tersesat, karena keamanan disanah sangat terjaga dan orang tua bisa memantau anak-anak mereka.
Kidzania
Dalam keamanan sangat terjaga dengan baik, yaitu dengan gelang pengaman yang dilengkapi antenna frekuensi dan chip id, yang hanya dapat dibuka pada saat akan meninggalkan Kidzania di bagian meja imigrasi. Dari frekuensi radio ini, pengunjung dapar dideteksi keberadaannya, sehingga orang tua akan mudah mencari anaknya dan pihak keamanan akan segera menemukan keberadaan si anak tersebut. Jadi, orang tua akan merasa aman karena kegiatan anak-anak dapat terpantau.
Present
Kidzania dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota.
Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi seorang dokter, pilot, pekerja konstruksi, detektif swasta, arkeolog, pembalap F1 dan lebih dari 100 jenis profesi dan pekerjaan orang dewasa lainnya.
Kidzania Jakarta: Kidzos, Mata Uang Resmi Kidzania
Di Kidzania terdapat bangunan-bangunan yang umumnya terdapat di sebuah kota, seperti Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan banyak lagi.
Parents Lounge adalah tempat untuk Dewasa untuk bersantai ketika Anak-anak bermain.
Urbano's House adalah tempat bermain khusus yang tersedia untuk anak-anak 6 tahun kebawah. Orang dewasa dapat masuk daerah ini dengan anak-anak mereka. Dan ruang menyusui serta tempat penggantian popok juga tersedia.
Setiap satu tahun sekali, sejak tahun 2009, Kidzania Jakarta mengadakan pemilihan anggota pemerintahan baru Kidzania, yaitu Congrezz. Kidzania Congrezz Indonesia adalah salah satu event besar Kidzania Jakarta untuk mencari dan menyeleksi lima belas anak-anak yang akan menjadi anggota dewan legislatif yang disebut Kidzania Congrezz dari seluruh daerah di Indonesia. Anggota Kidzania Congrezz yang disebut CongrezzKid ini akan bertugas layaknya sebagai anggota dewan legislatif di suatu negara, seperti membentuk undang-undang, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang; menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, termasuk memberikan masukan, membantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota Kidzania.
Kidzania Jakarta: Transportasi di Kidzania
Anggota Kidzania Congrezz terdiri dari anak-anak berusia 7-15 tahun, yang berprestasi di sekolah dan di luar sekolah. Setiap anggota dewan legislatif ini akan diberikan hak untuk memperoleh akses masuk dan menikmati fasilitas permainan di Kidzania secara gratis selama satu tahun. CongrezzKid akan melakukan kegiatan sidang secara reguler untuk membahas, mengajukan rancangan undang-undang, belajar mengenai berbagai bentuk pemerintahan, lobi politik untuk memperjuangkan suatu tujuan, serta melakukan kunjungan kerja ke berbagai pabrik milik marketing partners Kidzania Jakarta.
CongrezzKid ini melalui seleksi yang cukup ketat mulai dari seleksi karya tulis, wawancara dan unjuk kebolehan di hadapan dewan juri. Anggota CongrezzKid yang terpilih bertugas untuk merumuskan undang-undang dan hukum yang berlaku di Kidzania selama setahun ke depan, tidak kalah dengan anggota dewan legislatif sebenarnya. Selain itu anggota CongrezzKid juga dapat memberi masukan dan rekomendasi kepada pemerintahan Kidzania mengenai kenyamanan di arena Kidzania. Kegiatan di kongres ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa percaya diri pada anak. Anak-anak juga akan belajar demokrasi dalam setiap pengambilan keputusan.
Selain Kidzania Congrezz, Kidzania juga memiliki acara tahunan lainnya seperti kontes Miss Kidzania dan festival musik sebagai ajang kreativitas anak-anak. Bagi orang tua, Kidzania juga mengadakan beberapa acara bertema seminar parenting dan pengembangan bakat anak. Dengan program-program menarik dari Kidzania, bukan hanya anak-anak saja yang belajar, tetapi juga para orang tua.
Pada pintu masuk menuju Kidzania, dibuat seperti bandara sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Selanjutnya anak-anak dan orang tuanya diberikan boarding pass sebagai tiket masuk dan cek senilai 50 Kidzos (mata uang yang berlaku di dalam Kidzania). Selain itu peta kota yang menarik dan gelang yang dapat mendeteksi keberadaan pengunjung, sehingga dapat mudah dikenali oleh keamanan Kidzania.
Kidzania Jakarta
Dengan menggunakan mata uang kidzos ini, anak-anak dapat belajar mengenai profesi, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka. Upah yang mereka dapatkan ini kemudian bisa digunakan untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ada di Kidzania.
Dalam rangka memungkinkan anak-anak untuk mengambil inisiatif dan melakukan apa saja yang mereka ingin lakukan, orang dewasa tidak boleh masuk establishment atau berpartisipasi dalam kegiatan. Namun, orang dewasa didorong untuk memjadi bagian dari penonton di Teater dan Stasiun TV, dan kami menyambut orang dewasa untuk melihat aktivitas dan prestasi anak-anak mereka dari daerah luar di establishment masing-masing.
Untuk tiket dan reservasinya, Kidzania memberikan tarif pada hari Senin-Kamis untuk batita (2-3 tahun) Rp 50.000, anak (4-15 tahun) Rp 115.000-130.000, dan dewasa Rp 75.000-90.000. Dan untuk hari Jumat-Minggu untuk batita Rp 50.000-100.000, anak Rp 115.000-155.000, dan dewasa Rp 75.000-155.000. Kidzania juga memiliki dua sesi aktifitas dengan rentang waktu dan juga yang berbeda.
Kidzania adalah sebuah fasilitas indoor, yang berlokasi di Pacific Place Shopping Mall lantai 6, Jalan Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190.

No comments:

Post a Comment