Pages

Tuesday, March 20, 2012

Pulau Umang

Bagi banyak orang, tempat rekreasi yang menawarkan berbagai destinasi wisata dan aneka fasilitas pendukung menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Salah satu tempat rekreasi populer yang memenuhi kriteria di atas adalah Pulau Umang yang terletak di Teluk Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Pulau Umang karena di sana banyak sekali ditemukan binatang umang/klomang (hermit crab), sejenis binatang yang memiliki cangkang atau rumah mirip keong. Konon, umang merupakan binatang endemik pulau tersebut.
Untuk bisa mencapai Pulau Umang, wisatawan tidak bisa membawa serta kendaraan pribadinya. Kendaraan tersebut harus berhenti dan diparkir di lokasi pelabuhan dengan jaminan keamanan dari manajemen Pulau Umang.
Selanjutnya, wisatawan akan diangkut menggunakan perahu speed boat dengan kapasitas enam orang, atau kapal besar, membelah lautan menuju Pulau Umang. Fasilitas penyeberangan menuju Pulau Umang dibuka selama 24 jam. (Okezone Travel)
Pulau Umang: Resort
Pulau pribadi yang dibuka untuk umum dalam bentuk resort dan spa ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 10 menit menggunakan kapal motor kecil dari Sumur. Sedangkan untuk menjangkau dermaga kecil yang digunakan untuk menyebrang ke Pulau Umang butuh waktu empat jam perjalanan darat dari Jakarta. Namun, pelayanan penyeberangan ke pulau seluas 5 ha ini tidak tersedia selama 24 jam, hanya sampai pukul 21.00 WIB. (Liburan.info/Wisata Melayu)
(No) flashback
Meski baru diresmikan pada tahun 2004, tempat wisata nan eksotik ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang terbilang lengkap dan representatif. Oleh sebab itu, bagi Wisatawan yang ingin menikmati berbagai destinasi wisata dan aneka fasilitas pendukung dalam satu lokasi, Pulau Umang tepat sekali dipilih sebagai tempat refreshing di akhir pekan atau hari-hari libur lainnya bersama keluarga atau kolega.    
Bertamasya ke Pulau Umang terbilang istimewa. Sebab, tempat wisata yang memadukan wisata pantai dan wisata bahari ini diapit oleh beberapa destinasi wisata terkenal di Provinsi Banten, seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Pantai Carita di sebelah selatan, Pantai Tanjung Lesung di sebelah utara, serta Pulau Panaitan dan beberapa pulau kecil di sebelah barat.
Pulau Umang
Secara administratif, Pulau Umang masuk dalam wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.
Untuk mencapainya, wisatawan harus menyusuri jalan darat yang cukup panjang menuju daerah Sumur, sekitar 183 km dari Jakarta lewat Pandeglang dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang laut menggunakan speed boat menuju Pulau Umang, dengan waktu tempuh hanya 5 menit. (Detik Travel/Okezone Travel)
Present
Tatkala menempuh perjalanan dari dermaga Kecamatan Sumur menuju Pulau Umang dengan menggunakan perahu motor, wisatawan akan berdecak kagum melihat biru laut, hamparan pasir putih, panorama pantai yang indah, dan hijau dedaunan dari kejauhan. Sesampainya di Pulau Umang, wisatawan akan terpukau oleh hembusan udaranya yang bersih dan sejuk, serta pesona alam sekitarnya nan rancak.
Pulau Umang
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti snorkeling, bermain jet sky dan banana boat, atau hanya sekedar duduk di pantai menikmati semilir angin dan deburan ombak. Pasir pantai Pulau Umang sangat bersih dan putih. Masih banyak karang-karang dan ganggang di tepiannya. Hembusan angin dan gelombang lautnya relatif kecil karena Pulau Umang terletak di antara laut utara dan selatan Jawa, sehingga nyaman digunakan untuk berenang atau bermain ombak di pantainya. Di sini juga tersedia kolam renang yang terletak di pinggir laut, sehingga tepat sekali dipilih oleh wisatawan yang ingin berenang di air tawar sembari menikmati panorama pantai yang indah. Sehabis berenang, wisatawan dapat mencoba paket pijat jacuzzi untuk meregangkan urat-urat yang tegang dan tubuh yang pegal. Selain itu, juga tersedia paket spa dan pijatan aromaterapi sambil mendengarkan deburan ombak.
Di samping itu, wisatawan juga dapat menikmati pesona kawasan wisata ini dengan cara berjemur di hamparan pasir putih yang bersih, duduk santai di bawah rindang pepohonan, atau melihat lokasi pengembangan terumbu karang (coral reef). Aktivitas lain yang dapat dilakukan oleh wisatawan adalah mengelilingi kawasan wisata seluas 5 ha tersebut dengan berjalan kaki. Ketika berkeliling, wisatawan dapat melihat kekayaan flora dan faunanya, serta menikmati panorama Pulau Umang dari sudut pwisatawanng yang berbeda-beda.           
Jika bermain di tepi pantai, wisatawan bisa melihat banyak ikan-ikan kecil asyik berenang dan keramba-keramba milik nelayan. Untuk wisatawan yang membawa anak-anak, pengelola pulau telah mempersiapkan taman bermain bertema outbond dan kolam renang khusus anak-anak yang menghadap laut lepas. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan tepi pantai yang luas untuk bermain bola atau voli pantai.
Pulau Umang: Sunset
Wisatawan yang hobi memancing, jangan lupa merasakan pengalaman memancing di fishing plat form atau sering disebut bagan oleh para nelayan. Di atas bagan yang disediakan oleh hotel, wisatawan bisa puas memancing. Bagan ini ditempatkan agak menjorok ke laut. Di tengah bagan juga tersedia gubuk kecil untuk sekadar bersantai, menikmati makanan dan minuman.
Setelah lelah bermain seharian, saatnya memanjakan perut dengan hidangan lezat khas Pulau Umang, yaitu aneka seafood. Makanan khas pulau ini adalah ikan kakap merah dan kerapu. Tapi jangan khawatir, untuk Wisatawan yang tidak menyukai hidangan seafood, restoran di Pulau Umang juga menyediakan aneka olahan daging dan penganan lainnya yang siap mengisi penuh perut.
Ketika hari merangkak sore, eksotisme kawasan ini kian terasa. Wisatawan dapat menikmati keeksotisannya sambil bersantai di resort, kafe-kafe, pondok-pondok wisata, dan shelter. Di depan setiap suites penginapan terdapat gazebo yang lokasinya dekat dengan pantai. Biasanya, gazebo tersebut merupakan tempat favorit wisatawan untuk menikmati pesona matahari terbenam (sunset) dan Selat Sunda menjelang malam. Untuk tempat makan malam, kepada wisatawan ditawarkan dua pilihan, yaitu di pinggir pantai sambil mendengarkan deburan ombak atau sembari mendengarkan alunan musik dan lagu di kafe.
Pulau Umang
Malam tiba, wisatawan pun akan dihibur oleh pertunjukkan musik organ tunggal dengan penyanyi yang tentunya bersuara indah hingga larut malam. Di penghujung malam, kamar-kamar bertema rumah panggung siap dijadikan tempat peristirahatan. Pulau Umang memiliki 30 kamar dengan pembagian, 15 kamar menghadap sunset dan 15 kamar menghadap sunrise, Wisatawan bebas memilih kamar yang akan ditempati.
Bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat lainnya, dapat menyewa villa, bungalow, resort, cottage, dan wisma dengan berbagai tipe. Di sini juga terdapat camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah.
Di kawasan wisata Pulau Umang terdapat restoran, kafe, dan toko yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, dan peralatan memancing. Juga tersedia outlet yang menjual aneka cenderamata khas pulau wisata ini, seperti pajangan dari kerang, gantungan kunci, dan kaos bertuliskan Pulau Umang.

No comments:

Post a Comment