Pages

Tuesday, December 27, 2011

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi: Halilintar
Dunia Fantasi atau Dufan merupakan tempat hiburan terbesar di Jakarta yang menarik. Dunia Fantasi yang biasa disingkat Dufan yang terletak di kawasan Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, menjadi tempat tujuan rekreasi bagi warga Jakarta maupun luar kota Jakarta, baik untuk keluarga atau kaum muda. Walaupun tempat ini sudah tidak asing bagi warga Jakarta, tetapi ada banyak hal yang membuat pengunjung tidak bosan untuk mengunjunginya lagi. Hal ini tidak mengherankan, karena tempat wisata yang berlogo primata bekantan ini memiliki keunggulan untuk menarik pengunjung.
(No) flashback
Dunia Fantasi atau lebih sering disebut orang dengan Dufan merupakan tempat rekreasi sekaligus taman bermain terbesar yang ada di Indonesia. Dunia Fantasi ini dibangun pada 1983 dan mulai diresmikan pada 29 Agustus 1985. Dunia Fantasi berlokasi di kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, dan memiliki luas sekitar 9,5 ha. Dunia Fantasi memiliki maskot seekor kera bekantan  yang bernama Dufan lahir tanggal 29 Agustus 1985. Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, fantasi Yunani, fantasi hikayat, balara, dan istabon.
Dunia Fantasi: Hysteria
Jakarta boleh berbangga karena memiliki Dufan yang memiliki beraneka ragam permainan yang mirip dengan yang ada di negeri lain. Di kota yang tidak terlalu banyak memiliki tempat wisata, Dufan seolah telah menjawab kebutuhan untuk berekreasi bagi warganya. Seperti umumnya masyarakat perkotaan yang sibuk, para keluarga umumnya memilih Dufan untuk berlibur karena letaknya yang dekat yaitu di dalam kawasan Ancol Taman Impian sehingga tidak perlu keluar kota. Biaya untuk berekreasi disni tidak terlalu besar bila dibandingkan wahana yang dapat dicoba. Selain itu, kawasan Ancol yang merupakan kawasan pantai yang ada di kota Jakarta dapat menjadi sarana mengenalkan alam untuk anak-anak.
Present
Dunia Fantasi memiliki maskot utama bernama Dufan dan Dufi (sepasang Kera Bekantan) dan beberapa maskot lainnya, seperti Kabul (Katak Gembul), Bije (Bison Jenaka), Kombi (Komodo Gembira), Garin (Garuda Indonesia), Tanit (Tapir Genit), Cili (Kancil Licik), dan Barus (Babi Rakus). Semua maskot tadi akan dengan ramah menyapa setiap pengunjung yang datang ke Dunia Fantasi. Selain itu, pengunjung dapat berfoto bersama maskot-maskot tadi.
Dunia Fantasi: Panggung Maksima
Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi.
Dunia Fantasi memiliki beberapa kawasan dengan ciri khas dan mengususung tema berbeda di tiap-tiap wilayah. Tujuan pembagian wilayah ini adalah untuk membangkitkan imajinasi pengunjung dan memberikan sensasi yang sama seperti halnya saat mereka berjalan-jalan di zaman dahulu, Eropa, Indonesia, Amerika, Yunani, dan sebagainya.
Dunia Fantasi: Kora Kora
Bila kita melakukan sebuah survei kepada masyarakat Jakarta, tempat rekreasi apa yang paling anda sukai di Taman Impian Jaya Ancol Jawabannya Sudah bisa dipastikan Dufan atau Dunia Fantasilah yang menjadi urutan pertama tempat rekreasi paling digemari. Tempat ini tergolong paling populer di masyarakat dari kelas bawah sampai kelas atas mengetahui bahkan pernah mengunjunginya. Bisa dilihat dari hari biasa saja pengunjungnya masih saja ramai walaupun harga tiket Dunia Fantasi cukup fluktuatif atau berubah-ubah tiap waktu, pada hari Senin sampai Jumat harga tiket berkisar Rp 170.000 untuk dewasa dan untuk anak-anak yang telah memiliki tinggi badan mencapai 100 cm dikenakan harga layaknya orang dewasa, sedangkan pada Sabtu dan Minggu serta hari libur harga tiket Rp 200.000. Dengan harga tiket yang bisa dikatakan cukup mahal tetap saja tidak mengurangi antusias pengunjung, pintu masuk Dunia Fantasi dibuka setiap hari Senin-Kamis mulai pukul 11.00-18.00 WIB, hari Jumat pukul 13.30-20.00 WIB, dan pada hari Sabtu-Minggu dan libur pukul 10.00-20.00 WIB. Lokasi tempat cukup strategis karena tidak jauh dari pintu masuk utama, jadi hanya perlu berjalan beberapa langkah untuk mencapai loket pembelian karcis masuk.
Di Dunia Fantasi ragam wahana permainan berada dalam 8 kawasan antara lain, kawasan Indonesia yang berisikan wahana Alap-Alap dan Tornado, Tornado adalah sebuah permainan yang memutarkan pengunjung 180 derajat secara berayun-ayun yang duduk di kursi khusus dengan kapasitas 40 orang sampai ketinggian 20 m. Selain itu di wahana lainnya seperti di kawasan Eropa pengunjung akan di tantang keberaniannya untuk menaiki wahana yang paling anyar di Dufan yakni Hsyteria, dengan melihatnya saja akan membuat kita berpikir dua kali untuk mencobanya. Hysteria merupakan sebuah permainan yang di desain untuk melontarkan pengunjung yang menaikinya sampai ketinggian tertentu secara cepat dan naik turun selama beberapa menit.
Dunia Fantasi: Halilintar
Jika ingin naik perahu tetapi bukan di air naik wahana yang satu ini Kora-Kora namanya yang berada di kawasan Asia, Kora-Kora adalah permainan perahu yang dinaiki penumpang lalu diputar setengah putaran selama beberapa menit. Ingin berpetualang dengan perahu air melihat ragam boneka dengan bermacam-macam busana Nasional maupun Internasional langkahkan kaki ke kawasan Istana. Bila ingin sedikit berbasah-basah kunjungilah wahana Niagara yang berada di kawasan Amerika. Berjalan menuju kawasan Hikayat ada pemandangan yang cukup menyita perhatian adalah antrian yang cukup padat di salah satu wahana yakni Halilintar, untuk menaiki wahana ini perlu keberanian ekstra dikarenakan permainan ini dinilai cukup menantang selain wahana Hysteria.
Disarankan bagi yang akan mengunjungi Dunia Fantasi agar memilih menaiki wahana-wahana terbaru yang berada di tiap kawasan, serta membawa perlengkapan dokumentasi seperti kamera atau Handycam untuk mengabadikan moment pada saat menaiki wahana, dan juga tidak perlu membawa barang bawaan seperti makanan karena di tempat ini banyak sekali dapat ditemui tempat-tempat yang menawarkan berbagai jenis makanan. Demi kenyamanan berpakaianlah yang cukup nyaman, dikarenakan anda sebagai pengunjung akan berjalan di tempat terbuka yang cukup panas dan karena posisi tempat wahana satu dengan yang lainnya sedikit berjauhan.

No comments:

Post a Comment