Pages

Saturday, February 25, 2012

Pantai Anyer

Pantai Anyer salah satu kawasan wisata unggulan di kabupaten Serang yang sudah dikenal sebagai kawasan wisata pantai dengan pasir putihnya yang membentang menghiasi seluruh pesisir pantai, merupakan tempat rekreasi yang aman, nyaman tenang, dengan panorama alam pantai yang indah.
Pantai ini sangat cocok untuk beraktivitas renang, dengan pantainya yang landai, dan ombak yang tenang akan menjajikan kebahagian liburan yang fantastis. Dengan lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 60 km dari kota serang atau 2,5 Jam dari Jakarta melalui tol Jakarta-Merak, akan memudahkan pengunjung mencapai lokasi pantai. Menyaksikan sunset dipantai ini merupakan suatu pemandangan yang mengesankan.
Telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel bintang, non bintang, penginapan, restaurant, dan fasilitas rekreasi pantai lainnya seperti: jet sky, banana boat, dermaga marina, dan lain-lain. Perpaduan antara keindahan panorama alam pantai dengan kenyamana fasilitas wisata merupakan suguhan paket yang ditawarkan.
Pantai Anyer
(No) flashback
Pantai Anyer dikenal luas sebagai tempat wisata yang menarik sejak tahun 1980-an. Keberadaannya sebagai salah satu dari Seven Wonders of Banten dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, membuat kawasan ini menjelma sebagai salah satu obyek wisata favorit saat ini. Apalagi Pemerintah Kabupaten Serang dan Pemerintah Provinsi Banten telah berkomitmen mengembangkannya menjadi obyek wisata bahari terkemuka di Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai fasilitas pendukung yang relatif lengkap dan representatif di kawasan tersebut.
Pantai Anyer konon disebut-sebut sebagai Kuta-nya Bali. Pantai ini ternyata terdiri dari berbagai pantai yang berbeda-beda nama tetapi masih dalam satu garis pantai yang sama.
Present
Dari bibir pantai, pengunjung dapat menikmati panorama laut biru berlatar kaki langit yang juga biru. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk melakukan kegiatan berjemur dan membuat patung dari pasir, atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli pantai dan sepakbola pantai.
Pantai Anyer: Sunset
Air lautnya yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam. Ombak laut Pantai Anyer yang relatif besar dan menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan untuk arena berselancar dan  area memancing.
Pesona terbit dan tenggelamnya matahari, serta ditingkahi oleh burung-burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai, kian mengukuhkan betapa spesialnya kawasan ini. Pengunjung dapat mencerap momen indah tersebut dari shelter-shelter, taman, pondok-pondok wisata, atau dari atas perahu yang berjalan perlahan-lahan di tepi pantai.
Bila bosan berada di tepi pantai, dapat juga menikmati keelokan panorama Pantai Anyer dari atas mercusuar yang terdapat di kawasan tersebut. Pengunjung dapat juga menyewa sepeda untuk mengelilingi kawasan Pantai Anyer sambil mencari-cari obyek menarik untuk dipotret. 
Pantai Anyer
Jakarta-Pantai Anyer berjarak sekitar 160 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan dari Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten, Pantai Anyer berjarak sekitar 35 km.  Dari Jakarta, pengunjung dapat mengambil jalan tol Jakarta-Merak dan keluar melalui jalan tol Cilegon Barat.
Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju arah Anyer. Berbagai papan penunjuk jalan memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi, baik yang menggunakan bus maupun yang menggunakan kendaraan pribadi. Pengunjung dapat juga mengakses Pantai Anyer dengan naik kereta api jurusan Jakarta-Merak.
Beberapa biro perjalanan wisata dan operator watersports di kawasan Anyer juga biasa menawarkan snorkeling dan diving. Di sini terdapat mercusuar yang menjadi ikon di kawasan Anyer.
Pantai Anyer
Makanan laut atau makanan khas Banten menjadi hidangan utama yang disajikan pada penginapan di sekitar Pantai Anyer. Pengunjung hotel yang menggunakan jasa agen perjalanan wisata, tentunya akan mendapatkan fasilitas makan malam dan makan siang di hotel, selain makan pagi.
Jejeran pedagang kaki lima dan warung tenda di sepanjang pantai, serta rumah makan dan restoran yang menawarkan berbagai menu, memberikan banyak pilihan kepada pengunjung untuk menyantap makanan yang sesuai dengan keinginannya.
Bagi yang ingin menginap tidak perlu cemas, karena di kawasan Pantai Anyer terdapat home stay, wisma, hotel, resort, cottage, dan villa dengan berbagai tipe.
Pantai Anyer
Beragam penginapan tersebar di seluruh pelosok Anyer, mulai dari kelas melati sampai hotel berbintang. Hotel-hotel berbintang biasanya dibangun di pesisir pantai sehingga bagian belakang hotel-hotel tersebut langsung berbatasan dengan laut.
Kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan jaringan filber optik untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi baik interlokal maupun internasional, sehingga pengunjung dapat menjalin komunikasi dan mengikuti perkembangan dunia luar.
Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia di kawasan ini, seperti pusat informasi pariwisata, pemandu wisata, penjaga pantai, taman parkir yang luas dan aman, arena bermain anak-anak, arena berjemur, tempat berenang, camping ground, pondok-pondok wisata, shelter-shelter, sentra oleh-oleh dan suvenir, persewaan peralatan menyelam, persewaan sepeda, serta persewaan perahu dan speed boat.

No comments:

Post a Comment