Pages

Thursday, March 29, 2012

Pantai Bagedur

Pantai-pantai di Banten selatan menawarkan keindahan, tidak kalah dengan yang sudah lama dikenal seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pantai Tanjung Lesung. Keberadaannya yang belum banyak dikenal menawarkan ketenangan.
Pantai Bagedur merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Lebak, merupakan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Untuk menuju pantai ini sangan mudah dijangkau, karena daerah ini dilalui oleh transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 104 km dari kota Rangkasbitung. Keadaan pantainya sangat tenang dengan hamparan pasir yang bersih, dilengkapi dengan fasilitas cottage yang bergaya arsitektur semi tradisional. (Disbudpar Banten)
Pantai Bagedur
Salah satu pantai yang sangat menarik adalah Pantai Bagedur, yang terletak di daerah Kecamatan Malingping, sekitar 115 km dari Kota Rangkasbitung. Keunikan pantai ini antara lain panjangnya yang mencapai sekitar 10 km, lebar yang mencapai 50 m dan landai, serta pasirnya yang sangat padat, sehingga memungkinkan untuk menelusuri pantai dengan sepeda motor. (Suara Karya Online/Kompasiana)
Terletak di Desa Sukamanah, Malingping, Kabupaten Lebak,kawasan ini menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih tanpa karang sepanjang 15 km. Pantai Bagedur juga menawarkan ketenangan saat wisatawan berada di sana.Pantai ini sangat jauh dari kawasan perkotaan dan sekelilingnya masih sangat alami serta hijau. (Harian Seputar Indonesia)
Pantai Bagedur: Prasasti Meriam Kuno
(No) flashback
Tertulis tempat wisata ini diresmikan tahun 1999 oleh M. Hassan. Pantai ini rupanya diambil dari nama tokoh masyarakat di sana. Meriam peninggalan Belanda yang laki-laki dinamai Aki Bagedur (1787) dan yang perempuan dinamai Nini Bagedur (1788). (Kompasiana)
Present
Saat wisatawan berkunjung ke pantai ini, kendaraan yang wisatawan gunakan akan bisa langsung diparkir di pinggir pantai. Bahkan wisatawan juga bisa langsung menelusuri Pantai Bagedur menggunakan kendaraan wisatawan di tepi pantai.
Pantai Bagedur: Prasasti Meriam Kuno
Namun, di sini belum ada penyewaan permainan air seperti banana boat, jet sky, atau melakukan snorkeling, dan aktivitas air lainnya. Dengan ombaknya yang tenang,Pantai Bagedur saat cocok untuk berenang. Saat ke kawasan pantai Bagedur, pengunjung juga jangan kaget jika tidak banyak menemukan wisatawan.
Karena bentuknya yang landai dan panjang itu, tak aneh jika setiap menjelang tutup tahun, liburan panjang, berbondong-bondong wisatawan mengunjungi obyek wisata ini. Umumnya wisatawan datang mendirikan tenda-tenda sendiri untuk lokasi peristirahatan. Mereka juga membawa perlengkapan dapur dan perangkat makan seperlunya karena jarak dari pantai ke Pasar Malingping lumayan jauh ±7 km.
Dengan perlengkapan yang dibawa itu, para pengunjung bisa leluasa beristirahat di obyek wisata Pantai Bagedur selama beberapa hari, tanpa bayar. Kenyataan itu sering dilakukan banyak keluarga dari Rangkasbitung, Bogor, Tangerang, Bekasi, Jakarta bahkan kota-kota lainnya di Jawa dan Sumatera.
Pantai Bagedur: Sunset
Berbagai macam kuliner khas seafood bisa dinikmati di warung-warung yang ada di tepi pantai dengan harga yang relatif murah. Mulai dari ikan bakar, cumi bakar, dan berbagai menu makanan lainnya bisa wisatawan nikmati di tepi pantai sambil melepaskan pandangan ke Samudera Hindia.
Pantai ini hanya ramai dikunjungi wisatawan pada saat musim libur tertentu. Namun, kelengangan ini memberikan keuntungan tersendiri. Pantai menjadi sangat bersih. Jika berjalan-jalan di Bagedur, wisatawan akan sulit menemukan sampah. Walaupun sepi, di pantai ini juga terdapat warung meskipun hanya menyediakan makanan ringan.
Apa saja bentuk buah tangan dari Banten Selatan yang bisa dibanggakan? Ternyata, selain kelapa batir atau kelapa muda yang harganya memang murah di Banten Selatan, juga pisang, nangka, buah labu, dan bahan-bahan sayuran.
Pantai Bagedur
Tidak cuma itu, ikan segar juga relatif murah di daerah ini. Pasalnya, Banten Selatan sedikitnya memiliki tiga lokasi TPI (tempat pelelangan ikan), yakni TPI Binuangeun di Kecamatan Malingping, TPI Sukahujan di Kecamatan Panggarangan dan TPI Bayah di Kecamatan Bayah. Ikan-ikan dari lokasi pendaratan ikan di Banten Selatan itu dipasarkan tidak saja di pasar-pasar ikan di daerah Banten, seperti Menes, Pandeglang, Malingping, Rangkasbitung dan Tangerang, tetapi selain Jakarta juga ke beberapa kota lainnya di kawasan Bogor dan Depok.
Tak heran, jika selain membawa buah-buhan, para pengunjung pantai Bagedur juga selalu membawa ikan segar. Jenis ikan yang menjadi buruan pengunjung selain ikan layang, tongkol, kembung dan tengiri juga ikan pari dan teri halus.
Untuk bisa datang ke Pantai Bagedur terdapat tiga rute, pertama dari Serang-Gunung Kencana-Malingping, membutuhkan waktu 3 jam. Kondisi jalan ini masih relatif nyaman, karena perbaikan sedang dilakukan. Rute kedua yaitu Serang-Pandeglang-Saketi-Malingping dengan jarak tempuh 4 jam. Untuk yang ketiga rute Palabuhan Ratu–Malingping dengan jarak tempuh 2 jam.

No comments:

Post a Comment