Pages

Thursday, March 8, 2012

Pantai Carita

Pantai ini merupakan kawasan wisata yang sudah terkenal di Banten yang terletak di Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang dengan dilengkapi fasilitas wisata seperti hotel bintang dan non bintang, restaurant dan fasilitas wisata lainnya seperti banana boat, jet sky, dan permainan olahraga air lainnya, dengan jarak yang tidak jauh dari pusat Kota Pandeglang sekitar 54 km.
Pantai ini telah mejadi kawasan wisata yang mudah dijangkau dan favorit sebagai sarana rekreasi keluarga. Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya, dengan hamparan tepian yang landau dengan ombak laut yang tenang dipadu dengan angin lembut menyapu di sepanjang pantai, serta pemandangan Gunung Krakatau yang kokoh berdiri dari kejauhan menjadi suguhan ukiran alam yang indah dipandang.
Pantai Carita
(No) flashback
Pantai Carita merupakan salah satu objek wisata di Banten tepatnya di Kabupaten Pandeglang, pantainya yang indah asri dan berpasir putih mempunyai kelebihan dan daya tarik tersendiri yang mampu menawarkan pesona wisata laut dan wisata alam. Pantai yang berada di Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten ini telah ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor 440/kpts/UM/1978 pada tanggal 15 Juli 1978 sebagai Taman Wisata Alam. Kawasan Pantai Carita yang terletak di wilayah Selat Sunda ini menjadi salah satu alternatif bagi warga Banten, Jakarta maupun sekitarnya untuk menghilangkan kepenatan setelah sepekan melakukan aktivitas pekerjaan yang melelahkan baik tenaga maupun pikiran. Suasana Pantai Carita yang nyaman akan mampu melupakan sejenak aktivitas anda sebelumnya dan menyegarkan pikiran untuk beraktivitas kedepannya. 
Taman Wisata Alam Pantai Carita merupakan hutan dataran rendah yang lokasinya berdekatan dengan daerah tujuan wisata Pantai Carita. Kawasan ini memiliki kekayaan sumber daya alam hayati yang potensial. Keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna serta keindahan panorama alamnya merupakan daya tarik yang penting bagi pengembangan kepariwisataan di wilayah Kabupaten Pandeglang.
Pantai Carita: Pantai Carita di Sore Hari
Beberapa jenis pohon terdapat disini antara lain yaitu Jati (Tectona grandis), Mahoni (Swietenia macrophylla), Mahoni Afrika (S. khaya antoteca) dan bungur (Lagerstromia speciosa). Selain itu juga terdapat kebun percobaan balai penelitian hutan yang sedang mengembangkan stek pucuk meranti (Shorea reprosula dan Shorea selanica).
Fauna yang terdapat di Taman Wisata Alam Pantai Carita adalah tando (Petaurista elegans), babi hutan (Sus vitatus), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), lutung (Tachypitechus auratus), biawak (Varanus salvator) dan ular sanca (Phyton sp).
Pantai Carita
Terdapat juga sebagaian jenis burung, diantaranya yaitu alap-alap (Falco moluccensis), elang (Spilornis cheela) dan jenis burung yang lebih kecil lainnya. Sering pula dijumpai kalong.
Wisata Gunung Krakatau gunung yang masih aktif tapi aman untuk dikunjungi yang terletak antara Pulau Jawa dan Sumatra, gunung yang berbagai cerita misteri dan berbau mistis ini adalah Anak dari Gunung Krakatau yang telah Meletus pada 06-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkan menewaskan sekitar 36.000 jiwa yang terletak antara Pulau Jawa dan Sumatra.
Pantai Carita: Gunung Anak Krakatau
Present
Di kawasan Pantai Carita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang di laut, bermain Jet sky, banana boat, surfing, bodyboard, volley pantai, berperahu, memancing, maupun hanya duduk duduk menikmati deburan ombak pantai ini yang kecil lembut dan hembusan angin laut yang segar sambil melihat pesona burung burung yang terbang rendah dan menikmati temaram tenggelamnya matahari.
Di Pantai Carita bisa mengunjungi obyek Wisata seperti: Baduy, salah satu obyek Wisata yang sangat terkenal dengan kebudayaanya, Disini tidak hanya bisa melihat langsung aktifitas warga Baduy, tapi juga bisa membeli pernak-pernik alami buatan warga Baduy, diantaranya Tas yang terbuat dari akar, Gelang dan masih banyak lagi. Di lereng Pegunungan Kendeng Propinsi Banten itulah Suku Baduy menetap.
Pantai Carita: Dermaga Mini di Pantai Carita
Di pantai ini tersedia dermaga mini yang dilengkapi fasilitas kapal-kapal yang siap mengantarkan pengunjung ke berbagai tempat di sekitar kawasan Pantai Carita termasuk trip ke Krakatau dan Ujung Kulon.
Wisata Taman Laut (coral island) yang merupakan salah satu obyek wisata terfavorit di Pantai Carita hanya dengan menempuh waktu 15 menit dari Pantai Carita sudah bisa menikmati suasana yang begitu indah dari tengah laut Pantai Carita, disini bisa melihat ikan hias yang berwarna warni dengan mata telanjang tatkala sinar matahari tembus sampai ke dasar laut, berada di tengah ikan hias yang berenang secara bergerombolan bisa menimbulkan sensasi yang akan senantiasa diingat.

No comments:

Post a Comment